Artikel

SERING ABORTUS AKIBAT HERPES

dr. Eka Chandra Herlina, Mrep.Sc, SpOG

Infeksi herpes simpleks virus (HSV) pada orang dewasa biasanya bersifat ringan. Namun bila terjadi pada kehamilan keadaan menjadi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan abortus, cacat, dan kematian janin. Pada bayi, penyakit itu menyerang kulit di seluruh tubuh, konjungtiva (selaput lendir mata), atau selaput lendir mulut. Pada bayi, keadaan ini dapat mengakibatkan ensefalitis (radang otak).

Baca Berita


KHAWATIR DENGAN KISTA OVARIUM

dr. Eka Chandra Herlina, Mrep.Sc, SpOG

Saat ini kanker indung telur (ovarium) merupakan penyebab kematian nomor tiga bagi wanita setelah kanker mulut rahim dan kanker payudara. Selama tahun satu dekade ini terjadi lebih dari 20.000 kasus baru penderita kanker ovarium bisa berawal dari pertumbuhan kista ovarium, yang kini banyak dialami wanita berusia muda dan tua. Karena sering kali tidak memperlihatkan gejala, kista ovarium jarang terdeteksi sedini mungkin.

Baca Berita


JALAN LAHIR TERTUTUP PLASENTA ALIAS PLASENTA PREVIA

dr. Eka Chandra Herlina, MrepSc.SpOG

Plasenta atau ari-ari mulai terbentuk bersama dengan awal perkembangan janin, namun baru berfungsi sempurna setelah kehamilan 16 minggu. Plasenta berperan menyalurkan segala keperluan janin (misalnya nutrisi dan oksigen) selama janin dalam kandungan. Plasenta ini secara normal akan terlepas dari dinding rahim dalam waktu 30 menit setelah bayi dilahirkan. Pada keadaan tidak normal, plasenta bisa terletak atau menempel di rahim bagian bawah sehingga dapat menutupi sebagian atau seluruh permukaan jalan lahir. Keadaan inilah yang disebut plasenta previa.

Baca Berita


RESAH AKIBAT NYERI PAYUDARA


dr. Eka Chandra Herlina, MrepSc.SpOG

Penyakit payudara bukan hanya tumor (bersifat jinak) atau kanker (ganas), melainkan juga banyak yang lain. Penyakit pada payudara ini pada umumnya tidak mengenal umur dan bisa terjadi pada yang sudah menikah, sedang menyusui, dan tidak sedikit pada mereka yang masih gadis.

Baca Berita


NGIDAM PADA IBU HAMIL


dr. Eka Chandra Herlina, MrepSc.SpOG

Mengidam sering ditafsirkan sebagai keinginan bawah sadar ibu hamil yang menuntut untuk dipenuhi, yang pada umumnya terjadi pada empat bulan pertama kehamilan. Keinginan ini bahkan sering tidak pernah terpikirkan sebelum kehamilan. Bahkan, pada beberapa wanita hamil kadang-kadang baru puas bila suaminya berusaha keras memenuhi permintaannya, meski setelah permintaannya tersedia (misalnya makanan tertentu), akhirnya hanya dilihat saja, bahkan tidak disentuh sama sekali. Pada textbook kedokteran, sebenarnya istilah mengidam tidak ada sama sekali. Jadi, ini bukanlah suatu bentuk kelainan medis, tapi lebih bersifat kultural.

Baca Berita


MENENTUKAN MASA SUBUR

dr. Eka Chandra Herlina, MrepSc.SpOG

Penentuan masa subur dengan sistem kalender memang bisa dipakai sebagai salah satu metode Keluarga Berencana, khususnya bagi pasangan pengantin baru yang belum menghendaki kehamilan atau bagi mereka yang tidak bisa menerima bentuk alat kontrasepsi yang lain.

Baca Berita


INGIN MEMILIKI ANAK LAKI-LAKI

dr. Eka Chandra Herlina, MrepSc.SpOG

Banyak keluarga belum merasa lengkap tanpa hadirnya seorang anak laki-laki atau perempuan dalam keluarganya. Tidak jarang mereka terus berupaya mendapatkan anak sesuai jenis kelamin yang diharapkan, walau hasilnya seringkali mengecewakan, karena hanya anak dengan jenis kelamin tertentu saja yang dilahirkan. Tentu saja keinginan yang besar untuk memiliki anak dengan  jenis kelamin tertentu tanpa adanya pengetahuan sama sekali tentang bagaimana cara mengupayakannya, akan membuat program Keluarga Berencana menjadi kacau balau, karena mereka akan mencoba dan terus mencoba untuk mendapatkan anak yang diidam-idamkannya.

Baca Berita


PERLUKAH PERIKSA DALAM VAGINA SAAT HAMIL?

dr. Eka Chandra Herlina, MrepSc.SpOG 

Seorang wanita yang diperkirakan sedang hamil muda akan dilakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan kehamilannya. Kali pertama yang dilakukan dokter adalah wawancara, Tanya jawab mengenai hari pertama haid yang terakhir, keluhan-keluhan yang dialami (seperti mual, muntah, dan pusing), menanyakan riwayat kehamilan terdahulu (misalnya keguguran, adanya kelahiran cacat), dan riwayat persalinan terdahulu (pernah operasi sesar). Dokter juga menanyakan riwayat penyakit lain yang diderita atau penyakit dalam keluarga (misalnya kencing manis). Selanjutnya, dokter memeriksa bagian dalam vagina yang biasanya dilakukan pada ibu yang baru datang kali pertama. Pemeriksaan itu sangat diperlukan, terutama bagi mereka yang kemungkinan mengalami kehamilan berisiko, misalnya pernah keguguran.

Baca Berita


PERAWATAN ORGAN INTIM WANITA

dr. Eka Chandra Herlina, MrepSc.SpOG

Vagina merupakan organ paling pribadi milik wanita yang letaknya tersembunyi, dekat dengan saluran kemih dan anus. Ketiganya merupakan saluran terbuka yang bisa menjadi tempat masuknya penyakit. Karena itu, wanita perlu merawat dan menjaga kebersihan organ kewanitaannya.

Baca Berita


KEPUTIHAN DAN INGIN HAMIL

dr. Eka Chandra Herlina, MrepSc.SpOG

Keputihan pada wanita merupakan keadaan yang biasa dialami oleh sebagian besar wanita. Tidak semua keputihan adalah penyakit. Keputihan yang normal akan terjadi karena organ reproduksi wanita selalu mengeluarkan cairan karena adanya aktivitas kelenjar, keringat, pelepasan sel-sel vagina, mulut rahim, rahim, indung telur, serta karena adanya aktivitas seksual dan hormonal. Cairan vagina akan meningkat pada masa subur karena adanya peningkatan produksi dari cairan pada leher rahim. Ciri-ciri dari keputihan yang normal bersifat bening, tidak berbau, dan tidak gatal. Apabila dijumpai adanya keputihan yang tidak sesuai dengan ciri-ciri di atas, maka harus dicari faktor penyebabnya.

Baca Berita


ALERGI SUSU SAPI PADA BAYI DAN ANAK

Dr. Neni Sumarni, SpA

Alergi susu sapi adalah suatu penyakit akibat reaksi imunologis terhadap protein susu sapi dan reaksi ini dapat berjalan segera atau lambat. Protein susu sapi merupakan alergen tersering pada berbagai reaksi hipersensitivitas pada anak. Alergi susu sapi berperan penting dalam perkembangan penyakit alergi contohnya asma dan rinitis. Anak yang memiliki kecenderungan alergi berdasarkan riwayat penyakit atopi dalam keluarga (orang tua, saudara, kakek, nenek dan orang tua sendiri) seperti asma, rinitis, dermatitis atopik, urtikaria, alergi makanan, dan alergi obat. Prosentase resiko alergi pada :

Baca Berita


KERJASAMA ASURANSI DI RSIA GUNUNG SAWO

RSIA Gunung Sawo sudah bekerjasama dengan beberapa asuransi sebagai berikut

Baca Berita


GANGGUAN MENYUSUI DAN CARA MENGATASINYA

Diasuh oleh : dr. Yetty Movieta Nency, SpA (K), IBCLC


Tanya :

Yth, dr. Yetty Movieta Nency, SpA(K), IBCLC. Sebentar lagi saya akan melahirkan anak pertama. Rasanya, senang bercampur was – was, kadang berbagai fikiran jelek tiba – tiba muncul, salah satunya adalah tentang menyusui. Saya takut kalau nanti ASI saya tidak keluar, padahal saya berharap dapat memberika ASI eksklusif. Untuk itu, saya ingin minta saran dari dokter, langkah apa yang harus saya lakukan agar ASI saya bisa lancar keluar setelah melahirkan nanti. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Aprilia, 27 Semarang

Baca Berita